Rizka A.F Mahasiswa Prodi PBA!!! Mengajar Ke Thailand

Ini merupakan tahun kali ke tiga mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Kediri lolos menjadi delegasi dalam program mengajar internasional melalui organisasi ikatan persatuan mahasiswa bahasa arab se-Indonesia atau dikenal dengan nama ITHLA (ittihadu thalabah Al-Lughoh Arobiyyah). ITHLA yang diperuntukkan bagi mahasiswa program studi bahasa arab, dirasat islamiyyah, Tarjamah arab dan Bahasa & sastra Arab di seluruh Indonesia tahun ini mengirimkan 30 peserta lolos seleksi ke tiga titik tempat di Malaysia dan Thailand. Program unggulan ithla yang dikenal dengan nama ITHLA ABROAD ini sukses melaksanakan programnya mulai tanggal 8 hingga 24 april 2019 di kedua negara tersebut.

Saya Rizka A’yuna Fuadiyah mahasiswa program Pendidikan bahasa arab asal Kebumen yang sedang menjalani proses perkuliahan semester akhir di IAIN Kediri merasa sangat beruntung menjadi duta mahasiswa PBA kampus IAIN Kediri 2019 dalam program internasional ini. Membuat motivation letter dan mengumpulkan berkas-berkas nilai KHS terakhir serta sertifikat penghargaan yang dimiliki menjadi persyaratan utama dalam program internasional ini. Tepat pukul 22 WIB pada rabu (20/02) lalu, melalui akun resmi instagram @ithla_abroad saya resmi menjadi peserta yang mengharuskan untuk mengurus perizinan kuliah, hingga proposal dana sebagai mesin kedua terlaksananya program self funded ini.

Thailand menjadi keputusan panitia dalam menempatkan saya bertugas mengajar di program ini. Negara berkembang yang begitu membutuhkan uluran tangan serta inovasi-inovasi baru menjadikan saya merasa iba dan bertekad untuk menyukseskan acara ini dengan meninggalkan jejak baik di hati mereka. Keterbatasan bahasa tidaklah menjadi penghalang utama kami berkomunikasi serta menyampaikan pelajaran bahasa arab kepada peserta didik di sana. Hari demi hari kami mulai memahami bahasa keseharian mereka yaitu bahasa melayu. Sehingga kami dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik dan mampu meningkatkan penguasaan bahasa arab kepada peserta didik.

Kegiatan yang kami laksanakan di Thailand di kota Nratahiwat tepatnya, tidak hanya mengajar saja, namun juga melakukan visit campus sebagai ladang diskusi antara dua negara tetangga. Kunjungan kami ke dua universitas besar di Thailand yaitu Prince of Songkla University (PSU) dan Princess of Naradiwas University (PNU) mendapat sambutan hangat dan respon yang baik dalam menerima ikatan pelajar mahasiswa bahasa arab Indonesia. Kami juga melaksanakan pemilu 2019 di konsulat Republik Indonesia (KRI) tepatnya di kota Songkla. Dan di akhir waktu kami mengunjungi Malaysia untuk visit kampus ke International Islamic Univesity Malaysia dan bertemu dengan delegasi-delegasi yang bertugas di Malaysia.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *