Praktikum PAI “Penanaman Nilai Karakter di Pondok Pesantren”

Ngawi, Prodi PAI Fak. Tarbiyah IAIN Kediri (03/03/2020)

Praktikum PAI merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. Praktikum PAI tahun ini mengusung tema “Penanaman Nilai Karakter di Pondok Pesantren”. Kegiatan praktikum PAI diikuti oleh 365 mahasiswa dan 28 dosen Prodi PAI. Praktikum PAI diselenggarakan pada tanggal 3 Maret 2020 di Aula Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, Mantingan, Ngawi.

Pada kesempatan ini, Ustaz Ahmad Suharto, M.Pd.I selaku pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1 memberikan materi tentang pembentukan karakter dan sistem pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor. Kegiatan praktikum tidak berhenti sampai pada penjabaran materi, mahasiswa dan dosen mendapat kesempatan untuk mendalami pembentukan karakter melalui wawancara dengan ustadz dan ustadzah Pondok Modern Darussalam Gontor. Acara ditutup dengan observasi ke dalam area pondok. Mahasiswi dan dosen perempuan mendapat kesempatan berkeliling untuk melihat suasana kegiatan belajar mengajar.

Kegiatan ini menjadi salah satu wahana pembekalan kepada calon guru PAI dalam mengemban tugasnya secara profesional. Selain itu, Praktikum PAI memiliki tujuan melatih mahasiswa dalam pembuatan artikel ilmiah. Artikel tersebut diharapkan dapat khazanah pengetahuan dibidang pendidikan islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *